Cara Menginstal Sertifikat CA Semua HP Android

sertifikat kredensial

Menginstal sertifikat CA biasanya diperlukan untuk memasang aplikasi atau game tertentu. Atau seringkali di ponsel kita terdapat notif untuk memperbarui sertifikat tersebut ketika sudah kadaluarsa.

Lantas sebenarnya apa itu sertifikat Enskripai kredensial atau sertifikat CA tersebut? Apabila kamu sering mengulik menu pengaturan di HP android akan menemukan menu penyimpanan kredensial. Nah didalamnya terdapat beberapa pilihan untuk menampilkan, memasang atau menghapus sertifikat pada sistem android.

Perlu diketahui sistem android didalamnya memiliki ribuan source code yang berjalan dan bertautan satu dengan yang lainya. Jika ada yang gagal kemudian sistem tersebut seringkali dikatakan sebagai bug.

Fungsi Sertifikat CA Hp Android

Berikut ini beberapa fungsi dari sertifikat kredensial yang ada di menu pengaturan android:

Fungsi yang pertama adalah sebagai validasi aplikasi yang tertanam di sistem android. Ketika suatu aplikasi di instal, sistem android akan membutuhkan sertifikat agar bisa berjalan sempurna. Selain itujuga sebagai validasi keamanan pada sistem android itu sendiri.

Fungsi selanjutnya adalah untuk menjaga keamanan sistem dari hacker dengan cara validasi masuk di root sistem android. Dengan menggunakan sertifikat ca terbaru dan terupdate, maka pengguna akan terjaga keamananya.

Terakhir, sertifikat ini juga berfungsi sebagai gate atau gerbang ke server utama android ataupun play store.

Cara Menginstal Sertifikat CA HP Android

Sebelumnya tentu kalian harus punya sertifikatnya dulu yang memiki format (.crt). Biasanya file ini sudah disertakan pada saat kamu download aplikasi dari pihak ketiga. Selanjutnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menginstalnya, berikut panduan selengkapnya

  1. Buka menu pengaturan
  2. Masuk ke menu keamanan lalu uka penyimpanan kredensial
  3. Setelah itu pilih instal sertifikat dari penyimpanan dan pilih sertifikat CA.

    menginstal sertifikat CA
    menginstal sertifikat
  4. Cara lainya kamu bisa masuk ke file manager
  5. Setelah itu cari file sertifikat

    instal sertifikat ca training guys
    instal sertifikat ca training guys
  6. Klik lalu pilih buka dan secara otomatis akan terinstal.

Akhir Kata

Nah gimana gaes mudah banget bukan cara instal sertifikat CA ini? Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat ya khususnya buat kamu yang mau memasang sertifikat tersebut untuk menggunakan aplikasi ataupun game game tertentu seperti training guys.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *