Tools & Tips

Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

×

Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

Share this article

Bisakah menonaktifkan shopee paylater? Secara default shopee memang tidak memberikan akses kepada para pengguna untuk menghapus layanan tersebut setelah diaktifkan. Namun sebenarnya ada cara bagaimana menghapus akun shopeepaylater. Nah pada kesempatan kali ini kami akan coba berikan ulasan seperti apa caranya.

Jika mengintip data di Badan Pusat Statistik alias BPS memang ada peningkatan belanja online yakni sebanyak 31 persen selama pandemi Covid 19. Hal itupun dimanfaatkan cukup baik oleh salah satu ecommerce Indonesia Shopee. Perusahaan yang digawangi oleh Chris Feng tersebut menawarkan Shopee paylater dimana kustomer bisa beli sekarang bayar belakangan.

Platform paylater atau bayar belakangan memang tengah menjadi trend. Sudah banyak perusahaan yang memberikan layanan satu ini dari platform traveling, pembelian makanan, hingga transportasi. Layanan ini memang memudahkan konsumen untuk membeli barang atau jasa, tapi jika tidak digunakan secara bijak justru bakal terlilit hutang. Oleh sebab itu tak sedikit yang kemudian ingin menonaktifkan shopee paylater karena tidak mau dihantui hutang.

Cara Kerja Shopee Paylater

Shopee paylater adalah layanan pinjaman instan yang bisa digunakan untuk membeli produk produk yang ada di aplikasi Shopee. Mungkin kamu pernah suatu ketika menginginkan barang tertentu tapi lagi bokek. Pengen beli setelah gajian tapi keburu membutuhkan barang tersebut. Nah shopee memberikan solusi dengan memberikan pinjaman dengan nilai yang bervariasi dan bisa dibayar dengan cara dicicil.
Kredit shopeepaylater tersedia dari Rp 750 ribu sampai Rp 1,8 juta. Besaran pinjaman yang diberikan juga tergantung dari seberapa sering akun tersebut digunakan untuk transaksi. Semakin sering transaksi, maka pinjaman yang diberikan juga semakin besar. Nantinya sebelum tanggal 25 setiap bulanya, kamu harus membayar tagihan. Jangan sampai terlambat membayar karena bisa kena denda hingga 5%.
Adapun penggunaan saldo shopee paylater tersebut bisa bermacam macam. Mulai membeli produk produk hingga membeli pulsa. Jika mau beli pulsa kamu bisa simak tutorial sebelumnya: Cara beli pulsa dengan shopee paylater. Untuk pembayaran cicilanya sendiri bisa dilakukan dengan transfer bank atau di indomaret.

Alasan Menghapus Akun Shopee Paylater

Layanan paylater ini memang bisa memberikan kemudahan setiap pengguna. Namun jika tak diguankan secara bijak, justru akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu harus menonakfitkan layanan paylater:

Perilaku konsumtif berlebihan
Kemudahan untuk membeli barang acapkali memberikan dorongan dalam mengambil keputusan pembelian suatu barang. Kadangkala keputusan tersebut jatuh pada barang barang yang sebetulnya tidak begitu diperlukan.

Biaya Yang Tak Disadari

Menggunakan fitur paylater membuat kita kurang berikir lebih dalam akan beratnya tagihan dimasa mendatang. Seringkali kita ingin menghabiskan saldo di shopeepaylater padahal angka tersebut adalah hutang yang harus dibayar dikemudian hari.

Peretasan
Beberapa waktu lalu ada kasus dimana seseorang harus membayar tagihan, padahal ia tidak merasa membeli apapun. Ternyata akunnya diretas dan digunakan untuk membeli sejumlah barang menggunakan fitur paylater.

Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

Sayangnya setelah diaktifkan memang tidak ada fitur untuk menghapus shopeepaylater. Jika kamu tak mau terlilit hutang, cukup tidak perlu menggunakan limitnya dan tidak akan mendapat tagihan. Atau jika ingin menghapus, satu satunya cara adalah dengan menghapus akun shopee. Berikut langkah langkahnya
  1. Sebelumnya jika memiliki saldo di shopeepay tarik dulu ke rekening bank. Sebab setelah dihapus tidak bisa dibuka lagi
  2. Buka menu aplikasi shopee, dan tap menu saya
  3. Tap pengaturan akun, disana kamu bisa menjumpai menu Ajukan Penghapusan Akun.
    cara menonaktifkan shopee paylater
    cara menonaktifkan shopee paylater
  4. Jika ada konfirmasi silahkan klik Ok dan Lanjutkan. Selanjutnya shopee akan memberikan kode verifikasi via SMS
  5. Masukan kode tersebut ke kolom yang tersedia
  6. Anda akan dimintai keterangan, mengapa menghapus akun shopee. Pilih saja salah satunya
    cara hapus akun shopee
    cara hapus akun shopee

     

  7. Masukan email anda, dan centang syarat dan ketentuan.
  8. Tap tombol kirimkan, maka penghapusan akun akan mulai diproses.
    isi email dan tap kirimkan
    isi email dan tap kirimkan

     

Itulah tadi cara menonaktifkan shopee paylater, semoga dapat membantu. Jika terjadi peretasan akun seperti yang disebutkan diatas tadi,  baiknya langsung lapor ke pihak shopee agar ditelusuri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *